*TpG9GpG6BSGoTUr5GSM7GfM9Gd==*

4 Cara Screenshot di Laptop Windows

Cara Menggunakan Fitur Screenshot di Windows 10,11

   Menggunakan Fitur Screenshot di Windows 10 atau 11 atau di PC.

Fitur screenshot di laptop merupakan salah satu instrumen yang seringkali dibutuhkan untuk tangkapan layar berupa gambar atau rekam video dari laptop atau PC.

   Ada berbagai cara untuk screenshot di laptop baik Windows atau Mac OS dengan fungsi yang berbeda.

Jika Anda belum mengetahuinya, silahkan simak cara screenshot di laptop untuk pengguna Windows dan Mac OS tanpa aplikasi tambahan.

   Cara di bawah ini tentunya mempermudah para pengguna laptop untuk menangkap layar.

Cara ScreenShot Di PC

   Cara Menggunakan Fitur Screenshot di Windows 10

Fitur screenshot di laptop basis Windows 10 bisa digunakan dengan tombol Print Screen (prtsc) yang ada pada keyboard.

   Tombol prt sc terletak pada baris atas sebelah kanan. Namun, untuk beberapa jenis laptop, biasanya memerlukan tombol function lainnya untuk melakukan tangkapan layar.

   Anda harus menggunakan tombol function lainnya bersamaan dengan tombol prt sc untuk melakukan screenshot. Berikut cara screenshot di laptop Windows 10/11

Berikut 4 Cara Screenshoot Layar PC

1. Tekan Tombol PrtSc.
Cara screenshot di beberapa laptop Windows 10 bisa dilakukan dengan menekan tombol PrtSc di keyboard. Lalu hasil tangkapan layar akan tersimpan di clipboard. Anda bisa langsung paste hasil gambar secara langsung di aplikasi dokumen seperti word dengan shortcut CTRL + V.

2. Alt + PrtSc

  Cara selanjutnya untuk melakukan tangkapan layar di laptop, Anda bisa menggunakan shortcut Alt + PrtSc. Shortcut tersebut berfungsi untuk screenshot layar yang sedang aktif saja.
 Seperti ketika Anda sedang membuka YouTube dengan tampilan minimize, maka hasil screenshot hanya berupa jendela YouTube tersebut.

3. Windows Key + PrtSc.

  Kombinasi shortcut Windows + PrtSc berfungsi untuk melakukan tangkapan seluruh layar. Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol lain seperti Fn + Windows + PrtSc.

 Hasil tangkapan layar akan disimpan sebagai foto di folder Picture dengan sub folder Screenshots.

4. Windows Key + Shift + S

  Cara screenshot di laptop Windows 10 juga bisa dilakukan dengan shortcut Windows +Shift +S. Shortcut ini akan membawa Anda ke aplikasi bawaan Windows yang dinamakan Snip & Sketch.

    Dengan menekan shortcut tersebut, nantinya layar laptop akan meredup dan petunjuk mouse akan berubah.

Anda bisa menentukan sendiri bagian layar mana yang akan di screenshot.

   Setelah itu, Anda bisa mengedit hasil tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch dan menyimpannya dengan klik ikon save pada bagian atas aplikasi.

Type above and press Enter to search.