*TpG9GpG6BSGoTUr5GSM7GfM9Gd==*

7 Tips Jago Pidato di depan publik

Jago Public Speaking untuk Pemula, Apa Kamu Sudah mencoba.

Public speaking / berpidato adalah komunikasi lisan yang dilakukan di depan orang banyak untuk menyampaikan sesuatu. Misalnya berupa ceramah, pidato, storytelling, atau presentasi sebuah tugas kuliah.

Sumber : pidato bpk jokowi

Hal ini pasti kamu sering jumpai di setiap acara.

 Kemampuan komunikasi ini sangat penting dimiliki dalam dunia pekerjaan dan pendidikan. Namun, banyak orang mengalami demam panggung atau gugup dan takut saat akan melakukan public speaking.

Berikut tips jago public speaking agar tidak gugup.

Berikut 7 Tips Public Speaking:

1. Kuasai Diri dan Topik Lawan Bicara

Pertama pastikan kamu siap dan paham topik pembicaraan yang disampaikan. Jika kamu sedang berbicara dengan seseorang, tunjukkan kepada lawan bicara kalau kamu sangat tertarik untuk ngobrol dengan dia.

Apabila berbicara di depan orang banyak, pastikan kamu mengetahui latar belakang pendengar atau orang yang hadir dalam ruang tersebut..

2. Kembangkan Pembicaraan

Jangan pernah untuk terpaku pada satu topik pembicaraan, jika seseorang hanya fokus pada satu topik saja maka akan besar kemungkinan pembicaraan tersebut tidak bertahan lama.

Curahkan saja seluruh kata-kata yang ada didalam pikiran sehingga topik pembicaraan akan terus mengalir dan yang lebih terpenting lagi buatlah dirimu dan lawan bicara senyaman mungkin.

3. Komunikasi Dua Arah.

Dalam suatu obrolan tidak perlu adanya seseorang yang harus mendominasi topik pembicaraannya.

Buatlah komunikasi dua arah dengan saling menimpali satu sama lain agar kedua individu mendapatkan informasi yang setimpal. Hal ini juga berlaku ketika berbicara di depan orang banyak, kamu bisa lemparkan pertanyaan untuk menjadi topik pembahasan.

4. Jangan Membaca Kata Demi Kata

Membawa naskah atau 'contekan' tentu diperbolehkan. Namun, sebisa mungkin tulis saja poin-poin penting sebagai pengingat. Jangan sampai kamu terlihat membaca setiap kata.

5. Belajar Intonasi Yang Benar

Jika kita berbicara dengan suara yang datar, audiens pasti akan cepat merasa bosan. Gunakan intonasi yang variatif dan sesuai dengan jenis acara.

Dalam acara formal, gunakan intonasi yang meyakinkan dan tegas. Untuk acara santai, kita bisa lebih kreatif dalam menggunakan intonasi yang terdengar menyenangkan.

Dalam menyampaikan hal yang penting, kita juga bisa memberi penekanan. Contohnya ketika pengumuman pemenang lomba, kita bisa mengucapkannya dengan lebih lantang.

6. Ekspresif penuh percaya diri.

Wajah yang terlihat semangat dan percaya diri akan membuat audiens lebih tertarik. Jika pembicara berwajah kusut dan suram, tentu audiens tidak akan tertarik untuk mendengarkan.

Karena sekitar 80% dari komunikasi manusia bersifat nonverbal, jadi berhati-hatilah dalam menggunakan ekspresi wajah, intonasi suara, dan gerak tubuh.

7. Berlatih dengan Teman atau saudara.

Jika kamu masih belum puas saat berlatih sendiri, kamu bisa mencoba minta bantuan teman untuk membantu ngobrol secara santai.

Tanpa disadari dengan terus berbicara dengan seseorang akan melatih bagaimana cara mengatur kata-kata yang akan disampaikan.

Hal ini penting untuk membuat kamu merasa santai dan terbiasa untuk berbicara dengan orang lain terutama orang asing.

Nah, itulah 7 tips jago public speaking. Apa Kamu sudah mencobanya?
 Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuanya.

Type above and press Enter to search.